Email
hukum@cimahikota.go.id
Telepon
(022) 6654274, 6641931/63

Berita Kota Cimahi

Kaum Perempuan Kota Cimahi Dilatih Tanggap Bencana Alam

18 Mar 2024 10:32:16

CIMAHI.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menggandeng kader PKK pada Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam. Lewat pelatihan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman tanggap darurat bencana kaum ibu di wilayah masing-masing. Pelatihan diikuti 200 orang kader PKK perwakilan kelurahan se-Kota Cimahi.

Kegiatan berlangsung satu hari dengan menghadirkan narasumber dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Responsif Tangkas Andal Kompeten (Retak). Sekda Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan, tingginya potensi ancaman dan jumlah masyarakat yang terpapar risiko bencana menyebabkan perlunya meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat secara terus menerus.

"Sehingga masyarakat secara menyeluruh dapat mengetahui bagaimana harus merespon dalam menghadapi situasi kedaruratan bencana," ujarnya.

Dia menilai pentingnya menetapkan kesiapsiagaan bencana harus dimulai di tingkat keluarga. "Selain sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga merupakan subyek dan obyek terdepan dalam kesiapsiagaan bencana. Satu orang individu keluarga dapat berperan penting dalam pengurangan risiko bencana dengan memberikan sosialisasi kepada anggota keluarganya," katanya.

Pelatihan tersebut dapat memberi konsep dasar serta langkah dan upaya dari kesiapsiagaan berbasis keluarga yang saling berkesinambungan dengan lingkungan sosialnya sebagai kekuatan utama dalam kesiapsiagaan.

"Diharapkan dari pelatihan ini dapat diimplementasikan secara nyata dan menyeluruh di keluarga serta lingkungan masing-masing. Tingkatkan terus kesadaran, pemahaman dan kembangkan kesiapsiagaan terhadap bencana apalagi bagi warga yang tempat tinggal berada di daerah yang berpotensi dan rawan bencana.

Sehingga masyarakat Kota Cimahi selalu siapsiaga menghadapi bencana dan siap selamat dalam menghadapi bencana," tuturnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Fithriandy Kurniawan menambahkan, kesiapsiagaan dan ketrampilan masyarakat, khususnya keluarga adalah kunci utama keselamatan dalam menghadapi bencana.

"Kaum ibu dapat ambil bagian dalam kesiapsiagaan keluarga menghadapi potensi bencana. Lewat kegiatan ini kami berharap pemahaman masyarakat terutama kaum ibu terhadap penanganan bencana dapat meningkat demi menekan potensi kerugian materi hingga korban jiwa dampak bencana," tuturnya.**